Tips Mudik Asik Dengan Mobil Klasik

Tips-Mudik-Asik-Dengan-Mobil-Klasik
Foto dari Canva

Bagi sebagian orang, mudik menggunakan mobil klasik mempunyai pengalaman tersendiri. Namun, perlu disadari juga bahwa kondisi mobil klasik tidak se-prima mobil keluaran sekarang. Mengecek oli mesin menjadi sebuah keharusan, pemilihan olinya pun juga tidak bisa sembarang. Maka dari itu, penting untuk membuat daftar oli mobil terbaik sebelum memutuskan oli mobil mana yang akan digunakan untuk proses ganti oli secara regular. Hal ini dilakukan agar mesin mobil sehat dan prima sehingga perjalanan mudik Anda menjadi aman untuk pengendara juga penumpangnya. Supaya perjalanan semakin nyaman dan asik, ada baiknya selain mengganti oli mobil, Anda perlu melakukan pengecekan total sebelum mudik. Apa saja? Berikut tipsnya

Periksa Oli Mesin

Ketika Anda memutuskan untuk mudik dengan mobil klasik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek dan memeriksa kondisi oli mobil Anda, terlebih jika mobil yang Anda gunakan keluaran tahun 1990. Biasanya mobil klasik lebih banyak membutuhkan pelumas mengingat umur mesinnya yang sudah cukup lama. Jadi pastikan volume oli mesin sudah tercukupi sesuai dengan kebutuhannya.

Read More

Periksa Air Radiator

Selanjutnya periksa air radiator dan tangki air reservoir. Pastikan kondisinya tidak terlalu penuh. Mengingat masalah utama mobil klasik itu adalah overheat atau suhu mesin cepat panas, maka perlu dilakukan pemeriksaan air radiator untuk mencegah terjadinya overheat. Cek juga apakah sambungan selang air radiator ke mesin sudah cukup kencang, jika terlihat retakan atau adanya gelembung, lakukan penggantian agar selang tidak pecah saat di perjalanan.

Sediakan Pendingin Tambahan

Dilansir melalui kompas, Imam Kusumo, pemilik bengkel Gearhead Monkey Garage (GMG) di Pondok Pinang mengatakan bahwa ada baiknya untuk menyiapkan pendingin tambahan, seperti electric fan atau extra fan agar radiator tetap terjaga dan tidak overheat. Umumnya, masalah utama mobil klasik adalah overheat. Jadi untuk mengantisipasi masalah tersebut jangan lupa sediakan pendingin tambahan, ya.

Cek Kelistrikan

Selain itu, penting untuk pengguna mobil klasik untuk mengecek kelistrikan sebelum berangkat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko hubungan arus pendek yang bsa terjadi kapan saja. Banyak kasus kebakaran yang terjadi bersumber dari kabel-kabel ruang mesin, terkadang karena panas yang bisa membuat kabel menjadi meleleh.

Periksa Filter dan Selang Bensin

Usianya yang sudah tua membuat beberapa mesin mobil tidak lagi prima atau mengalami kerusakan. Salah satunya adalah bagian filter dan selang bensin. Pastikan Anda lakukan pemeriksaan menyeluruh hingga ke bagian tersebut dan pastikan kondisinya dalam keadaan baik ketika akan digunakan. Cek juga supaya bagian filter tidak mengalami penyumbatan.

Periksa Aki Mobil

Bagian penting lainnya yang harus diperiksa adalah aki mobil. Saat memeriksa aki, lihat bagian baut kutubnya dan bersihkan dari kerak yang menempel. Periksa juga level air aki, jika kurang Anda bisa menambahkan sesuai dengan batasnya. Jangan lupa untuk membawa air aki dan aku cadangan.

Periksa Rem, Lampu, dan Ban Mobil

Pengecekan terakhir yang tidak kalah penting adalah rem, lampu, dan ban mobil. Mengingat rem cepat sering usang, maka periksalah agar tidak ada kebocoran di bagian selangnya atau kerusakan di bagian lain. Selain itu, kondisi ban dalam tekanan yang normal, yaitu sekitar 30-34 psi. Jangan lupa juga untuk membawa ban cadangan. Nah, yang terakhir pastikan kondisi lampu baik dan tidak terlalu redup. Pastikan setiap lampu pada kendaraan Anda berfungsi dengan baik.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan agar mudik menjadi asik dengan mobil klasik. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dan membawa spare part, dongkrak, peralatan bengkel sederhana, hingga cemilan untuk di perjalanan. Semoga mudiknya lancar, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.