Ternyata Inilah Arti SMS IMEI Kominfo

Baru-baru ini Kementerian Informatika atau Kominfo mengirim pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun, apakah Anda sudah mengetahui arti SMS IMEI Kominfo tersebut. Kominfo mulai mengirimkan sms pada Minggu, 19 April 2020 kemarin. SMS tersebut dikirimkan ke seluruh pengguna ponsel dengan IMEI yang telah terdaftar.

Arti SMS IMEI dari Kominfo

Jika Anda belum mengetahui soal maksud atau arti SMS IMEI Kominfo tersebut, tidak usah panik. SMS tersebut adalah salah satu langkah tegas dari Kominfo untuk melakukan pemberantasan ponsel-ponsel dari blackmarket atau BM. Selain itu, ternyata Kominfo juga memiliki beberapa tujuan lain, berikut adalah diantaranya.

1. Informasi Penting Soal IMEI

Para pengguna HKT (Handphone, Komputer dan Tablet) akan menerima pesan atau pemberitahuan mengenai status IMEI yang disertai dengan tautan (https://s.id/gbg38) yang bisa dibuka. Disana Anda akan menemukan informasi tentang pengendalian informasi IMEI mulai 18 April 2020.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan notifikasi secara bertahap. Anda akan menerima beberapa kali notifikasi dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu. Sekarang Anda juga tidak perlu lagi melakukan registrasi, sehingga tidak perlu risau soal pemberlakukan pembatasan IMEI.

2. Registrasi IMEI

Selanjutnya, SMS tersebut juga dilihat apakah IMEI dalam ponsel Anda sudah teregistrasi atau belum. IMEI setiap ponsel pasti akan berbeda-beda, yang digunakan untuk mengakses jaringan operator telekomunikasi.

3. Ponsel Luar Negeri

Tidak sedikit orang-orang yang membeli ponsel dari luar negeri. Secara otomatis perlu melakukan pendaftaran IMEI. Caranya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengunduh aplikasi Mobile Bea Cukai. Lalu isi form yang ada pada aplikasi.

4. Pembatasan Ponsel Blackmarket

Ponsel blackmarket atau BM masih cukup banyak beredar di Indonesia. Salah satu alasan kenapa menggunakan ponsel ini adalah karena harganya yang sangat murah. Hal tersebut diakibatkan ponsel dari BM tidak memiliki izin dari bea cukai, atau bisa disebut dengan ponsel ilegal.

Itulah tadi beberapa informasi tentang arti SMS IMEI Kominfo. Jika Anda menerima SMS tersebut, artinya ponsel adalah telah memiliki IMEI yang terdaftar, sehingga tidak perlu takut akan mendapatkan pembatasan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *