Tanda Kangker Usus Besar yang Mesti Anda Ketahui

Tanda-Kangker-Usus-Besar-yang-Mesti-Anda-Ketahui
Gambar : canva

Salah satu jenis kangker paling ekstrim adalah kangker usus besar. Penderita yang telah didiagnosis mengidap kangker usus besar bisa diketahui sisa umurnya. Kangker ini terjadi pada organ usus besar atau pencernaan paling akhir dari tubuh manusia. Biasanya penyakit berbahaya ini diidap oleh orang-orang diatas 40 tahun atau pasca menopause. 

Terdapat beberapa tanda seseorang mengidap kangker usus besar. Dengan mengetahuinya lebih dini, dokter masih bisa mendiagnosa dan mencari tahu tindakan medis yang paling tepat untuk menanganinya. Berikut ini Anda dapat menemukan beberapa tanda kangker usus besar.

  • Tinja Berdarah

Salah satu tanda paling umum dari kangker usus besar adalah adanya tinja yang berdarah. Saat buang air besar, biasanya darah ini akan berceceran disekitar WC. Selain itu gejala biasanya disertai dengan rasa sakit pada area perut. Warna dari darah yang keluar biasanya berwarna gelap atau merah terang.

  • Keluar Darah dari Dubur

Selain saat buang air besar, darah biasanya juga keluar dari dubur pada kondisi normal. Namun biasanya hal ini dianggap sebagai gejala ambien, dan banyak penderita yang tidak mengetahui bahwa itu merupakan tanda dari kangker usus besar.

  • Anemia

Tanda kangker usus besar lainnya adalah mengalami anemia atau kekurangan darah. Hal ini disebabkan karena adanya inflamasi yang terus menerus pada area usus besar. Penderita kangker usus besar akan mengalami lemah lesu, susah bernafas dan kehilangan semangat. Selain itu, kondisi kulit pun menjadi lebih pucat dari biasanya.

  • Sakit Perut

Tanda kangker usus besar paling umum lainnya adalah sakit perut. Keram, perut kembung, dan masalah-masalah lainnya pada perut sangat berkaitan erat dengan kangker usus besar.

  • Turun Berat Badan

Perlu pembaca ketahui, penderita kangker usus besar akan mengalami penurunan berat badan secara drastis bahkan jika penderita tersebut sering makan banyak. 3 dari 10 orang yang mengalami kangker usus besar mengalami penurun berat badan secara ekstrim hanya dalam waktu singkat.

  • Sembelit

Sembelit yang terjadi selama beberapa hari bisa jadi merupakan tanda dari kangker usus besar. Sembelit yang semakin parah juga dapat menjadi indikasi kuat seseorang menderita penyakit kangker usus besar.

Nah itulah beberapa tanda kangker usus besar yang mesti Anda ketahui. Jika kangker usus besar sudah menyerang, maka efeknya sungguh mengerikan. Jika Anda menemukan tanda-tanda diatas, segera lakukan check-up di rumah sakit terdekat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *