Rekomendasi Obat-obatan yang Dianjurkan Dokter Untuk Menyembuhkan Tipes

Penyakit tipes atau yang juga dikenal dengan nama demam tifoid dikarenakan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini biasanya menebar lewat makanan atau air yang terkontaminasi bakteri.

Orang yang terjangkit tipes bisa dengan gampang menularkan penyakitnya ke orang lain bila tidak memperoleh penyembuhan. Lebih bila Anda pun tidak jaga kebersihan diri serta lingkungan sepanjang sakit. Contohnya tidak bersihkan tangan sesudah dari toilet atau mempersiapkan makanan untuk orang lain tanpa ada membersihkan tangan dahulu sesudah buang air besar. Orang lain bisa terserang tipes dari kontak langsung dengan Anda melalui beberapa cara ini.

Karena itu, penting untuk selekasnya ke dokter serta memperoleh obat yang pas bila terserang tipes. Biasanya dokter akan memberi obat antibiotik untuk menantang infeksi Salmonella typhi, yang dapat diberi sepanjang opname atau jadi obat rawat jalan yang diminum di dalam rumah.

Di bawah ini ialah pilihan antibiotik untuk menyembuhkan sakit tipes:

1.Chloramphenicol (Chloromycetin)

Chloramphenicol ialah obat antibiotik yang kerja menghalangi sintesis protein dari bakteri pemicu tipes. Saat sintesis protein ini terusik, bakteri tidak bisa berkembang biak serta menebarkan infeksinya selanjutnya.

Chloramphenicol dapat dikonsumsi dengan oral (minum dengan air) atau diberi melalui intravena (infus). Dosis obat ini akan diberi dokter sesuai berat tubuh serta umur Anda.

Walau demikian, pemberian obat chloramphenicol untuk menyembuhkan sakit tipes telah makin jarang-jarang. sekarang, obat thiamphenicol lebih direferensikan untuk menyembuhkan tipes.

2. Amoxicillin (Trimox, Amoxil, Biomox)

Amoxicillin ialah obat antibiotik yang membunuh serta hentikan bakteri pemicu sakit tipes berkembang biak pada tubuh.

Obat antibiotik ini seringkali digabungkan dengan chloramphenicol spesial untuk pasien tipes yang keadaannya gawat. Obat sakit tipes ini aman dipakai pada ibu hamil.

3. Ceftriaxone

Dosis ceftriaxone yang diresepkan untuk menyembuhkan tipes akan bergantung berat tubuh serta umur Anda.

Obat ini kerja menghalangi sintesis dinding sel bakteri supaya sampai bakteri mati serta tidak dapat berkembang biak. Obat ini sekaligus juga dapat cepat turunkan demam.

Ceftriaxone biasanya diberi cuma untuk periode waktu pendek, serta tidak digabungkan dengan obat lain. Obat ini harus ditelan utuh-utuh dengan minum air.

4. Quinolone (Ciprofloxacin atau Ofoxlacin)

Obat antibiotik ini kerja menghalangi sintesis DNA bakteri supaya tidak dapat berkembang biak makin liar.

Quinolon efisien menahan infeksi bakteri pemicu tipes makin kronis. Namun, pemberian obat ini tidak disarankan untuk anak sebab punyai resikonya pada perkembangan tulang.

Obat ini biasanya diberi pada seorang dewasa sepanjang 1 minggu penuh dengan dosis yang akan sesuai dari analisis serta kontrol dokter.

5. Cefixime

Cefixime ialah obat antibiotik posisi ke-2 yang dipakai untuk menangani sakit tipes. Obat ini diketahui jadi golonan antibiotik sefalosporin yang berperan hentikan perkembangan bakteri. Cefixime aman diberi untuk anak serta dapat dikonsumsi dengan oral.

6. Cotrimoxazole

Cotrimoxazole ialah obat kelompok sulfonamide yang terbagi dalam gabungan trimethoprim serta sulfamethoxazole.

Obat ini kerja hentikan perkembangan bakteri pemicu tipes. Cotrimoxazole ada berbentuk tablet serta suspensi (cair) untuk dikonsumsi langsung dengan air.

Butuh dimengerti jika type obat antibiotik yang diberi dokter untuk tiap masalah tipes mungkin berlainan, bergantung dimana masalah tipes itu berlangsung. Karena di daerah atau negara tersendiri, bakteri pemicu tipes mungkin telah resisten (kebal) pada beberapa macam antibiotik.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *