Pemula Bisnis Reseller Bisa Untung Besar Kok, Ini 7 Tips Jitunya!

Pemula-Bisnis-Reseller-Bisa-Untung-Besar-Kok-Ini-7-Tips-Jitunya

Makin meningkatnya penggunaan media sosial, berbanding lurus dengan perkembangan bisnis reseller online. Bisnis satu ini memang sangat digemari sekarang, karena keuntungannya yang terbilang lumayan. Banyak kalangan yang menjadikan reseller sebagai pekerjaan sampingan. Bagi Anda yang baru memulai karier sebagai reseller, bisa mengikuti 7 tips berikut untuk mencapai kesuksesan.

1. Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai reseller, pastikan Anda telah memilih jenis produk apa yang akan Anda jual nantinya. Ketepatan dalam memilih produk, akan sangat mempengaruhi besar atau kecilnya keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Baiknya, pilihlah produk yang yang memiliki banyak peminatnya, serta berpotensi untuk terus berkembang ke depannya.

Anda juga bisa memilih produk yang lebih spesifik atau berbeda dari kebanyakan produk yang dijual di pasaran. Ini dilakukan agar Anda tak kalah saing dengan reseller lain yang telah lebih dulu berjualan dibanding Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual pakaian, khususkan penjualan pakaian untuk anak-anak saja. Dengan begini, toko Anda akan memiliki karakter produknya tersendiri.

2. Tentukan Pangsa Pasar untuk Produk Jualan Anda

Anda harus tahu betul siapa pangsa pasar atau konsumen yang disasar oleh produk yang Anda jual. Dengan mengetahui pangsa pasar, Anda juga bisa lebih mudah menentukan produk yang akan dijual serta cara mempromosikannya. Anda bisa mengelompokkan pangsa pasar yang Anda tuju berdasarkan usia atau pekerjaannya. Dengan begini, promosi produk pun akan berjalan lebih mudah.

Misalnya saja, jika Anda menjadikan remaja sebagai pangsa pasar, tentu saja produk yang Anda jual haruslah yang mereka minati. Misalnya, remaja saat ini sangat mengidolakan boyband yang berasal dari Korea Selatan. Nah, Anda bisa memutuskan untuk menjual merchandise atau pun album dari idola mereka tersebut. Intinya, sesuaikan produk yang dijual dengan konsumen yang ditargetkan.

3. Aktif Melakukan Promosi di Media Sosial

Bekerja sebagai seorang reseller memang terbilang mudah. Dengan bermodalkan kuota internet, Anda bisa melakukan promosi secara gratis via media sosial. Nah, manfaatkan media sosial ini dengan sebaik mungkin. Jika perlu, minta kerabat atau teman yang punya banyak pengikut, untuk mengiklankan produk Anda. Makin rajin promosi, maka kemungkinan produk terjual juga makin meningkat.

4. Jual Produk dari Brand Ternama

Gak bisa dipungkiri kalau popularitas sebuah brand sangat mempengaruhi daya jual dari produknya tersebut. Anda bisa memanfaatkan popularitas dari brand tersebut, dengan menjadi reseller untuk produknya. Tanpa dibumbui banyak kata manis pun, kualitas produk dari brand ini pasti sudah dipercayai oleh banyak orang. Jadi, penjualan yang Anda lakukan bisa lebih lancar.

5. Pastikan Kualitas Produk yang Dijual

Kecermatan dalam memilih supplier atau produsen produk yang akan Anda jual, sangat menentukan keberhasilan Anda sebagai reseller. Maka dari itu, pilihlah supplier yang menjual barang dengan kualitas yang bagus. Jika sekiranya produk yang dijual tak berkualitas, pihak yang mendapat kecaman dari konsumen tentu saja adalah Anda sendiri.

6. Pasang Harga yang Pas untuk Produk yang Dijual

Jika supplier tak menentukan harga khusus, Anda bisa menentukan harga secara pribadi untuk produk yang Anda jual. Pertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk menjual produk tersebut, misalnya biaya untuk melakukan promosinya. Jangan sampai, harganya terlalu tinggi atau terlalu rendah dibandingkan harga dari supplier. Umumnya, reseller mengambil keuntungan hingga 30 persen.

7. Layani Konsumen dengan Ramah dan Sebaik Mungkin

Layaknya penjualan offline, konsumen pasti kerap bertanya sebelum membeli produk yang Anda jual. Jika masih wajah, jawablah setiap pertanyaan konsumen dengan ramah dan sebaik mungkin. Berikan respons dengan cepat, termasuk untuk kritikan ataupun usulan dari konsumen. Respons yang lamban biasanya akan membuat konsumen enggan untuk belanja kembali di toko yang sama.

Semakin berkembangnya social commerce Indonesia, membuat pekerjaan sebagai reseller makin diminati. Tak mengherankan, jika sekarang banyak reseller pemula yang berasal dari beragam kalangan, seperti pelajar dan ibu rumah tangga. Anda yang kebetulan berniat untuk menjadi seorang reseller, bisa menjadikan 7 tips di atas sebagai pedoman mencapai kesuksesan sebagai reseller.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *