Lakukan Ini supaya AC Bekerja Maksimal di Musim Kemarau

  • Whatsapp
Lakukan-Ini-supaya-AC-Bekerja-Maksimal-di-Musim-Kemarau
Foto dari Canva Pro

Musim kemarau erat dengan udara yang kering dan cuaca yang panas. Tak heran bila siapa pun, termasuk Anda dan keluarga, akan lebih senang berada di dalam rumah ketimbang berpanas-panasan di luar. Artinya, AC standing floor yang Anda beli di sini beberapa waktu lalu harus terus menyala sepanjang hari agar udara dalam rumah tetap segar. Nah, kecenderungan ini bisa membuat AC terlalu banyak bekerja dan mungkin berakhir mengalami penurunan performa. Untuk itu, simak hal apa saja yang perlu Anda lakukan agar AC tetap dapat bekerja maksimal di musim kemarau berikut, yuk!

  1. Jadwalkan pemeriksaan tahunan. Penentuan jadwal pemeriksaan atau pemeliharaan mesin AC tahunan sebetulnya bisa dimulai sesaat setelah pendingin udara dipasang di rumah. Sebab, pengecekan seluruh komponen AC perlu dilakukan sejak dini agar kerusakan yang mungkin timbul bisa dihindari serta ditangani sejak awal. Maka dari itu, buatlah jadwal pemeriksaan tahunan dengan teknisi AC supaya pendingin udara Anda tetap bekerja dengan baik ketika musim kemarau datang.
  2. Bersihkan dan ganti filter udara secara rutin. Filter udara bertugas untuk menyaring debu ataupun kotoran yang masuk bersamaan dengan udara ke dalam sistem AC. Oleh sebab itu, kebersihan dan kualitasnya akan sangat menentukan mutu udara yang dihasilkan oleh pendingin udara. Jika Anda ingin AC dapat selalu bekerja maksimal di musim kemarau, tentu membersihkan dan mengganti filter udara menjadi salah satu hal yang wajib Anda lakukan.
  3. Bersihkan area di sekitar unit outdoor Beberapa pendingin udara, seperti jenis split, memiliki kompresor yang harus diletakkan di bagian luar rumah. Bila bagian outdoor ini terhalangi oleh tumbuhan, rerumputan tinggi, gulma atau parasit, maka kinerja mesinnya dapat terganggu. Maka dari itu, sebelum musim kemarau datang, sebaiknya Anda mengecek bagian unit outdoor dan membersihkan area sekitarnya bila terdapat penghalang seperti tanaman atau benda lainnya.
  4. Kurangi intensitas buka-tutup pintu. Sederhananya, pendingin udara bekerja dengan cara merasakan suhu udara dalam ruangan kemudian memutar udara tersebut dalam sistemnya hingga menghasilkan udara yang lebih dingin. Ketika Anda membuka dan menutup pintu ruangan terlalu sering, suhu udara ruangan tentu akan naik-turun. Walhasil, AC terpaksa bekerja lebih keras untuk menyesuaikan perubahan suhu dalam waktu singkat itu. Untuk itu, kurangilah kecenderungan untuk membuka dan menutup pintu ruangan yang sudah memiliki AC dalam keadaan menyala.
  5. Tutup celah terbuka, sekecil apa pun itu. Poin sebelumnya sudah menjelaskan bahwa masuknya udara panas dari luar ruangan dapat mengganggu kinerja AC. Hal ini juga berlaku pada bukaan kecil seperti celah pada jendela, pintu, bahkan dinding. Untuk itu, bila Anda menemukan celah-celah kecil ini, upayakan untuk menutupnya dengan material yang dapat menghalangi udara dari luar masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, AC tak perlu bekerja amat keras, melainkan bekerja maksimal di musim kemarau.

Itu dia 5 hal yang bisa Anda lakukan agar AC dapat bekerja maksimal di musim kemarau yang panas. Segera terapkan dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *