Kenapa dan Kapan Anak Harus Minum Susu?

Kenapa-dan-Kapan-Anak-Harus-Minum-Susu
Foto dari Canva

Masa pandemi yang berlangsung dua tahun terakhir ini semakin menyadarkan kita akan pentingnya kesehatan. Kini kita mulai sadar dan tergerak untuk melakukan upaya-upaya yang dapat menyehatkan tubuh. Mulai dari mengubah pola hidup menjadi lebih baik, hingga memperhatikan pola makanan yang dikonsumsi. Termasuk di dalamnya adalah mendisiplinkan diri dan anak untuk minum susu secara rutin sehingga mendapatkan manfaat sehat dari keajaiban susu.

Susu memiliki banyak manfaat bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kandungan kalsium pada susu dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi si kecil. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu, Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk memberikan susu pada anak.

Read More

Kenapa anak harus minum susu?

Telah disebutkan di atas bahwa susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga disarankan untuk diminum secara rutin. Lalu apa saja manfaat minum susu bagi anak?

1. Menguatkan tulang dan gigi

Di masa pertumbuhannya, anak membutuhkan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan dan perkembangannya lebih optimal. Pemenuhan kebutuhan vitamin D dan kalsium ini bisa si kecil dapatkan dari susu. Susu akan membantu menguatkan tulang dan gigi anak.

2. Bantu penuhi kebutuhan energi anak

Kandungan protein, fosfor, vitamin A dan B pada susu berperan dalam memenuhi kebutuhan energi dan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Anak-anak yang masih lekat dengan dunia bermain dan seringkali tidak kenal lelah tentu membutuhkan energi yang cukup untuk mengeksplorasi hal-hal baru.

3. Penuhi cairan tubuh anak

Tidak harus selalu mengandalkan air putih, Anda bisa memberikan susu pada anak untuk menghindari dehidrasi. Namun tidak banyak yang tahu bahwa susu mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan air putih maupun jus. Sehingga pemberian susu pada anak sebaiknya dibatasi, yakni cukup 250-500 ml per hari.

Kapan anak harus minum susu?

1. Waktu pagi

Layaknya orang dewasa yang membutuhkan energi untuk menjalani hari, anak-anak pun juga sama. Apalagi anak-anak masih aktif bergerak kesana kemari, sehingga pastikan anak tidak melewatkan segelas susu di pagi hari. Memberikan susu pada anak dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

2. Diluar waktu makan besar

Anda sebaiknya tidak memberikan susu pada anak ketika waktu makan besar. Hal ini dikarenakan pada jam makan besar umumnya anak akan menyantap makanan yang mengandung zat besi, sedangkan zat besi ini dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Itu artinya, manfaat atau keajaiban susu tidak akan sepenuhnya didapat.

3. Malam menjelang tidur

Salah satu manfaat minum susu adalah membantu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Oleh karena itu, biasakanlah si kecil untuk meminum segelas susu menjelang tidur malamnya. Selain akan membuatnya tidur nyenyak, susu juga akan melancarkan pencernaan anak sehingga mudah buang air besar esok hari.

Di usia anak-anak, pemberian gizi dan nutrisi untuk si kecil harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil sangat berpengaruh pada daya tumbuh kembangnya. Pemberian dan pemenuhan nutrisi yang tepat akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Keajaiban susu juga akan didapatkan apabila produk susu yang dipilih merupakan produk terbaik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan dokter anak perihal susu yang tepat untuk si kecil. Terlebih jika si kecil punya riwayat alergi yang tentu saja tidak boleh sembarangan mengonsumsi susu.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.