Inilah Beberapa Penyebab Rambut Rontok Parah yang Perlu Anda Ketahui

Inilah-Beberapa-Penyebab-Rambut-Rontok-Parah-yang-Perlu-Anda-Ketahui

Rambut rontok setiap harinya menjadi salah satu hal normal terjadi pada manusia, baik itu pada pria maupun pada wanita. Normalnya jumlah rambut yang rontok tidak melebihi 100 helai setiap harinya. Namun jika sudah lebih dari ini, maka Anda patut untuk waspada. Bisa jadi saat ini Anda mengalami kerontokan parah dan berpotensi mengalami rambut jarang bahkan kebotakan. Memiliki rambut yang jarang atau bahkan botak tentu sangat mengganggu penampilan, terutama pada wanita karena peran rambut yang dianggap sebagai mahkota yang mampu mempercantik diri. Penyebab rambut rontok parah pada masing-masing orang ini bisa berbeda-beda. Bisa dikarenakan faktor genetik, namun bisa juga disebabkan oleh faktor gaya hidup sehari-hari.

Dibandingkan dengan wanita, para pria lebih mungkin mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan. Namun rambut menipis dan rontok juga sering terjadi pada wanita. Sehingga kemungkinan penampilan menjadi kurang menarik karena rambut yang terlihat jarang atau bahkan botak bisa saja terjadi. Jika Anda juga mengalami kondisi rambut rontok, ada beberapa hal yang kemungkinan bisa menjadi pemicunya, antara lain:

1. Stress.

Kondisi stress berat, entah karena pasca melahirkan, mengalami penyakit serius, trauma kecelakaan, perubahan emosi karena sedang berkabung, stress pekerjaan, dll bisa menjadi penyebab kerontokan rambut dalam jumlah yang banyak. Rambut yang rontok akibat stress bisa ditangani dan bisa tumbuh normal kembali seiring dengan proses pemulihan dari stress yang dialami. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stress dengan baik dan hindari kondisi yang menyebabkan stress dengan selalu berpikir positif, melakukan olahraga yoga, meditasi, dll.

2. Faktor keturunan atau genetik.

Gen penyebab kerontokan yang bisa diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Jika orang tua mengalami kerontokan yang parah, maka resiko anak untuk mengalami hal demikian juga semakin besar. Untuk mengatasi kerontokan rambut semakin parah hingga menyebabkan kebotakan, bisa dengan menggunakan obat penumbuh rambut. Untuk penggunaannya, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Kelebihan vitamin A.

Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu juga bisa memicu kerontokan rambut. Maka dari itu, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan membatasi dan mengurangi konsumsi vitamin A hingga kembali normal. Perlu diperhatikan saat mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral, ada baiknya memperhatikan kandungannya terlebih dahulu. Dimana sebaiknya hindari memilih suplemen dengan kandungan vitamin A 5000 IU atau 1500 mikrogram. Hal ini karena suplemen yang demikian melebihi kebutuhan vitamin A harian.

4. Kekurangan vitamin B.

Kekurangan vitamin B juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan. Untuk mengatasinya cukup dengan mengkonsumsi suplemen vitamin B dan mengubah pola dan menu makanan yang dikonsumsi dengan bahan makanan yang kata akan vitamin B, seperti daging, ikan, kentang, jagung, labu, kacang polong, ubi, alpukat, kacang-kacangan, dll.

5. Kekurangan protein.

Selain vitamin B, kekurangan protein juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Protein merupakan zat pembangun utama tubuh, termasuk juga salah satunya sel rambut. Kondisi rambut rontok karena kekurangan protein biasanya mulai terlihat saat 2-3 bulan setelah kurang asupan zat ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh dengan mengkonsumsi makanan berprotein, seperti tahu, tempe, kacang almond, hingga buah dan sayur yang tinggi akan protein.

6. Sering menggunakan pengering rambut.

Penyebab rambut rontok parah lainnya juga bisa disebabkan karena penggunaan hairdryer dan catokan secara berlebihan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *