Electric Starter Motor Tak Bekerja Coba Cek 3 Komponen Ini

Electric starter benar-benar memberikan keuntungan keberadaannya pada suatu sepeda motor. Tanpa ada sulit payah lakukan kick starter, motor dapat hidup dengan sekali tekan tombol.

Sayangnya , kita seringkali merasakan jengkel ketika electric starter tidak kerja seperti harusnya. Pemikiran pertama umumnya kita tujukan pada aki motor yang telah soak. Walau sebenarnya, tidak berfungsinya electric starter dapat karena disebabkan banyak hal.

Hanya satu antara tiga elemen lain yang membuat electric starter tidak kerja. Jika aki yang soak, dapat disaksikan, peluang dapat karena cairan elektrolit pada aki basah yang telah menguap. Sesaat jika aki kering bisa saja sudah eranya untuk ditukar.

Ingin tahu elemen apalagi yang mungkin mengakibatkan electric starter tidak kerja seperti harusnya? Baca penjelasannya berikut:

1. Switch Starter

Switch starter adalah elemen yang berperan jadi saklar elektromagnetik untuk memutuskan serta menyambung arus listrik. Waktu electric starter tidak berperan, semestinya Anda yakinkan dahulu bila elemen ini betul-betul berperan.

Triknya, hubungkan kabel di antara switch starter itu, bila terdengar bunyi cekrek-cekrek atau justru berperan, itu pertanda switch starter telah rusak atau kotor serta butuh dibikin bersih.

2. Bendik

Bendik bermanfaat untuk menyebabkan saluran listrik dari api yang kelak akan diumpankan ke dynamo starter. Bila bendik alami permasalahan kehancuran, telah pasti arus listrik tidak dapat melalui dynamo starter, serta mesin juga tidak menyala.

Untuk memastikannya, coba dengarkan baik-baik elemen yang satu ini. Bila switch starter didesak serta bendik tidak memberi respon/tidak ada suara apa pun, karena itu Anda pantas berprasangka buruk permasalahannya pada bendik.

3. Dynamo Starter

Kehancuran dynamo starter termasuk cukup langka sebab elemen ini termasuk aman. Umumnya, kehancuran dynamo starter karena disebabkan arang kumparannya (brush) terputus atau gosong sebab konslet atau karena yang lain.

Untuk kehancuran dynamo starter dapat dicek dengan, bila bendik bereaksi waktu switch starter didesak (dalam keadaan on), pantas diduga kerusakannya dibagian elemen ini.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *