Deposito adalah Pilihan Investasi Menguntungkan, Simak Penjelasannya di Sini!

Deposito-adalah-Pilihan-Investasi-Menguntungkan-Simak-Penjelasannya-di-Sini
Foto dari Canva

Banyak sekali pilihan cara untuk menyimpan dan menginvestasikan uang Anda. Salah satunya adalah dengan memiliki tabungan dalam bentuk deposito. Deposito adalah jenis investasi yang sangat direkomendasikan bagi pemula dengan faktor risiko rendah. Hal ini disebabkan oleh risiko dari investasi dalam bentuk deposito ini tergolong minim alias sangat aman.

Kelebihan Deposito

Ternyata deposito ini memang memiliki beberapa keunggulan yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menginvestasikan uang di sana. Meskipun terbilang kuno atau konvensional namun jenis investasi ini tetap banyak diminati. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh deposito:

Read More

1. Risiko Rendah

Deposito merupakan jenis instrumen investasi yang risikonya sangat rendah. Itulah mengapa investasi ini sangat direkomendasikan bagi pemula apalagi yang profil risikonya rendah. Dengan risiko yang rendah maka pemula tidak akan takut kehilangan banyak dana saat berinvestasi.

Namun seiring dengan risiko yang rendah ini sebenarnya nilai profit deposito juga terbilang rendah. Hal ini jika dibandingkan dengan jenis instrumen lainnya seperti reksadana dan saham. Hanya saja bagi pemula yang tidak memburu keuntungan terlalu tinggi dan memang ingin fokus belajar investasi maka deposito ini akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Suku Bunga Tinggi

Deposito juga bisa memberi keuntungan dibandingkan jenis tabungan biasa lainnya. Daripada menyimpan uang dalam bentuk tabungan konvensional, maka lebih disarankan untuk menggunakan deposito. Nilai bunga yang dimiliki oleh produk deposito jelas lebih tinggi dibandingkan produk tabungan lainnya. Dengan begitu Anda bisa menikmati untung yang lebih besar.

3. Akses Bunga Mudah

Dengan memiliki deposito, Anda bisa mengakses bunga dengan mudah. Setiap bank memiliki aturan tertentu mengenai produk deposito yang mereka sediakan. Ada yang memberlakukan sistem bunga tidak boleh diambil sampai jatuh tempo. Namun ada pula bank yang memperbolehkan nasabahnya untuk mengakses bunga deposito sebelum jatuh tempo tiba.

Artinya, Anda memiliki kemudahan dalam menarik dan menggunakan bunga hasil deposito. Ini tentu akan sangat menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan uang tanpa harus mengambil deposito yang sudah dimiliki. Tentunya akan semakin baik lagi jika nilai bunga yang diperoleh memiliki nilai yang cukup besar.

4. Bisa Mengontrol Penggunaan Dana

Deposito adalah bentuk tabungan berjangka dimana Anda tidak diperbolehkan mengakses dana atau uang tersebut dalam jangka waktu tertentu. Aturan ini akan sangat mempermudah Anda untuk mengontrol pemakaian dana. Begitu Anda memasukkan uang ke bank dalam bentuk deposito maka Anda tidak akan bisa memakai uang tersebut.

Cara ini sangat efektif untuk mencegah Anda yang memiliki sifat impulsif. Anda tidak akan mudah mengeluarkan uang untuk keperluan yang sebenarnya tidak penting. Dengan begitu cashflow akan lebih terjaga dan Anda bisa mengelola dana dengan optimal demi kemapanan finansial di masa depan.

5. Terjamin Aman

Deposito merupakan jenis investasi yang terjamin aman. Jika Anda memilih bank yang tepat maka dana Anda akan terjamin tersimpan secara aman di sana. Tidak ada risiko kehilangan karena dana akan ditanggung oleh bank sehingga Anda bisa merasa lebih tenang. Selain itu, Anda juga bisa bebas melakukan investasi dalam instrumen lainnya jika memang dibutuhkan.

Bisa disimpulkan bahwa deposito adalah jenis instrumen investasi yang cukup cocok bagi pemula. Jika Anda ingin melakukan diversifikasi maka Anda bisa mencoba peer to peer lending. Peer to peer lending adalah bentuk investasi dimana Anda dapat memperoleh keuntungan setelah meminjamkan sejumlah dana kepada peminjam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.