Dalam Menggunakan Tabir Surya untuk Wajah Anda Harus Perhatikan Beberapa Hal Ini

Tidak hanya langkah memakainya, ada banyak hal yang butuh dilihat sekitar pemakaian tabir surya untuk muka. Supaya tabir surya di wajah bisa membuat perlindungan kulit muka lebih efisien, lakukan beberapa panduan di bawah ini:

1. Pilih tabir surya yang sesuai dengan type kulit muka

  • Untuk kulit muka yang condong kering, pakai tabir surya berbentuk cream dengan kandungan pelembab. Jauhi tabir surya semprot sebab umumnya tabir surya type ini memiliki kandungan alkohol yang dapat membuat kulit makin kering.
  • Untuk type kulit yang berminyak serta riskan jerawat, pilih tabir surya berbentuk gel yang bertambah cepat menyerap ke kulit. Jauhi tabir surya berbentuk cream atau memiliki bahan basic minyak sebab bisa menutup pori-pori serta membuat kulit muka makin berminyak.
  • Untuk kulit muka peka, pakai produk tabir surya yang tidak memiliki kandungan alkohol serta pewangi.

2. Pilih tabir surya dengan cap “broad-spectrum”

Cap “broad spectrum” tunjukkan jika tabir surya itu bisa membuat perlindungan kulit dari cahaya UVA serta UVB. Cahaya UVA serta UVB adalah radiasi ultraviolet dari cahaya matahari yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit.

Cahaya UVA bisa percepat penuaan kulit, dan mengakibatkan keriput serta flek hitam. Sesaat, cahaya UVB dapat mengakibatkan kulit terbakar.

3. Lihat nilai SPF-nya

SPF (sun protection factor) ialah ukuran yang memastikan berapakah lama tabir surya bisa membuat perlindungan kulit dari UVB. Nilai SPF butuh sesuai dengan keadaan serta warna kulit, tetapi yang paling umum dipakai di Indonesia ialah SPF 30 atau lebih.

Apapun bentuk tabir surya untuk muka yang Anda pakai, yakinkan langkah pemakaiannya telah sesuai panduan penggunaan yang tercantum pada cap paket.

4. Pilih kosmetik yang memiliki kandungan tabir surya

Bila ingin kenakan make-up atau kosmetik serta memakai tabir surya, pilih yang telah memiliki kandungan tabir surya. Beberapa produk kosmetik, seperti foundation, ada yang telah ditambah lagi kandungan tabir surya, hingga bisa memberi dampak perlindungan dari cahaya matahari waktu dipakai.

Bila produk kosmetik tidak diperkaya kandungan tabir surya, Anda dapat memakai tabir surya untuk muka terlebih dulu, lalu nantikan sepanjang paling tidak 20 menit sebelum memakai make-up.

Diluar itu, janganlah lupa untuk mengecek formasi bahan yang terdapat dalam tabir surya, sebab bisa jadi alasan Anda yang mungkin alergi pada bahan itu. Bila bingung memastikan type tabir surya untuk muka yang pas, Anda dapat konsultasi ke dokter kulit.

Pemakaian tabir surya untuk muka butuh dibarengi dengan usaha lain, seperti memakai kaca mata hitam yang bisa mencegah cahaya UV serta memakai topi bertepi lebar. Dengan usaha itu, muka serta kulit kepala semakin lebih terlindung dari cahaya matahari waktu melakukan aktivitas di luar ruang.

Jika Anda bingung memastikan type tabir surya yang sesuai keadaan kulit Anda, semestinya tanyakan dengan dokter. Ditambah lagi bila Anda mempunyai kulit peka, sedang hamil, sedang menyusui, atau mempunyai keadaan medis tersendiri.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *