Ciri-ciri Virus Corona dan Cara Membedakannya dengan Sakit Biasa

  • Whatsapp
Ciri-ciri-Virus-Corona-dan-Cara-Membedakannya-dengan-Sakit-Biasa
Foto dari Canva Photos Unlimited

Siapa yang belum mendengar tentang virus corona? Hampir semua orang di dunia ini rasanya sekarang sudah tak asing lagi dengan nama virus tersebut. Bukan hal aneh karena virus ini menjadi pandemi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hingga kini, masih ada 1.700 lebih kasus positif Covid19 yang ditemukan di negeri ini dengan angka kematian tinggi hingga 9%. Kematian yang cukup tinggi tersebut terutama terjadi di hari-hari awal masuknya virus corona ke Indonesia sehingga masyarakat belum mengetahui ciri-ciri virus corona sehingga menganggap penyakit yang diderita adalah penyakit biasa, begitu pula dengan tenaga medis yang menangani. Akibatnya pasien menjadi semakin parah dan meninggal dunia.

Kini semakin populer virus corona, semakin sadar masyarakat akan bahaya dari virus tersebut. Virus ini mampu menginfeksi banyak orang dalam waktu yang sangat singkat hanya dari droplet penderita. Sifat droplet yang masih bisa aktif meski sudah berada di benda mati selama berjam-jam juga turut menjadi penyebab virus tersebut dengan mudahnya menyebar. Sebagian besar masyarakat memang tak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus ini karena tak semua yang positif Covid19 menimbulkan gejala. Akan tetapi baik yang bergejala maupun yang tidak bergejala, semua bisa menularkan covid19 melalui dropletnya.

Read More

Karena kondisi tersebut, pemerintah memilih opsi test massal untuk mengetahui siapa saja yang positif covid19 dan mengisolasinya hingga masa aktif virus selesai di dalam tubuh yaitu sekitar 2 hingga 3 minggu. Mengidentifikasi orang positif bergejala dengan orang positif tidak bergejala pastinya akan lebih susah pada mereka yang tidak bergejala karena merasa sehat dan bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Inilah sasaran rapid test untuk meminimalisir carrier dan menekan angka penularan.

Lalu bagaimana dengan mereka yang bergejala corona? Batuk bukanlah gejala corona jika tidak disertai dengan gejala-gejala lainnya karena batuk sendiri sudah merupakan gejala dari banyak penyakit di Indonesia seperti radang tenggorokan, TBC hingga pneumonia dan kanker paru. Untuk lebih tepat sasaran, berikut ini adalah ciri gejala corona yang perlu Anda waspadai:

  • Batuk kering.
  • Demam.
  • Sakit tenggorokan.
  • Diare.
  • Pilek.
  • Sakit kepala.
  • Mual.
  • Nyeri otot.
  • Kelelahan.

Batuk dan demam merupakan fase awal seseorang terkena covid19, kemudian disusul dengan diare dan sesak nafas di hari kelima. Saat Anda sudah mengalami sesak nafas, maka besar kemungkinan itu diakibatkan covid19 sehingga Anda perlu segera mengisolasi diri dan memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan covid19 di wilayah Anda.

Sesampainya di rumah sakit, pasien dengan gejala mirip Covid19 akan diterapkan test dengan sampel darah maupun swap tes untuk melihat apakah Anda positif covid19 atau tidak. Jika iya, maka Anda akan melakukan perawatan isolasi hingga sembuh dan dinyatakan negatif setelah tes yang nantinya akan dilakukan kembali.

Dengan mengetahui apa saja ciri-ciri virus corona lebih detail, Anda dapat menganalisa sendiri apakah gejala penyakit yang diderita saat ini merupakan gejala covid19. Jika tidak maka sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru ke rumah sakit, atau hanya memeriksakan diri ke dokter saja. Hal ini berhubungan dengan mudahnya Covid19 menular di kerumunan sehingga dikhawatirkan terjadi penumpukan di rumah sakit rujukan yang justru mengakibatkan penyebaran covid19 dari pasien positif ke orang sehat lainnya yang semestinya hanya memiliki batuk biasa saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *