Benaran Cinta Atau Cuman Obsesi, Kenali Bedanya

Pikirkan pasangan terus-terusan serta tetap ingin berjumpa ialah perasaan yang lumrah diawalnya waktu pacaran. Bersamaan dengan berjalannya waktu, cinta yang sehat semestinya berkembang jadi jalinan yang menghormati semasing pasangan.

Tetapi, bila beberapa waktu sudah berlalu serta Anda masih sering pikirkan pasangan, serta sampai di titik dimana semua hidup Anda cuma konsentrasi kepadanya, itu bisa saja adalah pertanda obsesi.

Berikut beberapa pengakuan yang bisa menolong Anda memperbedakan di antara cinta atau obsesi:

1. Cinta buat hati tenang, obsesi memunculkan resah

Saat Anda sudah merajut jalinan dengan satu orang lumayan lama, Anda semestinya merasakan lebih tenang serta sama-sama meyakini keduanya.

Cinta yang sehat akan memberi Anda ketenangan. Anda yakin jika pasangan masih menyukai Anda walau tidak harus berkomunikasi sepanjang hari penuh. Anda akan pahami jika kalian berdua mempunyai aktivitas semasing.

Tetapi, jika obsesi menggantikan, Anda akan tetap merasakan resah serta ketergantungan. Anda merasakan kesusahan jika tidak lakukan satu pekerjaan dengan pasangan, pesan singkat Anda tidak dibalas lima menit, atau berlarut-larut pikirkan apa pengucapan serta aksi pasangan pada Anda.

Dalam kata lain, cinta atau obsesi bisa dibedakan dari sejauh apa Anda merasakan bergantung dengan fisik serta emosional dengan pasangan.

2. Cinta memberi kebebasan, sedang obsesi berbentuk mengekang

Begitu konsentrasi pada pasangan di saat-saat awal pacaran memanglah belum pasti jadi pertanda obsesif, tapi Anda harus tetap waspada.

Menurut Robert Vallerand, seseorang psikolog dalam bukunya yang berjudul The Psychology of Spirit: A Dualistic Mode, jika satu orang menyukai Anda, itu berarti ia meyakini Anda sepenuh hati.

Cinta sejati akan tetap menginginkan beberapa hal yang paling baik hadir di kehidupan pasangannya. Hal itu terhitung memberi ruangan sendiri jika pasangan membutuhkannya.

Lain perihal dengan obsesi. Orang yang terobsesi dengan pasangannya akan tetap dihantui dengan perasaan tidak tenang, serta cemburu buta.

Jika Anda terobsesi, Anda condong jadi posesif serta mengatur kehidupan pasangan terlalu berlebih. Anda kemungkinan mengendalikan dengan siapa pasangan berhubungan, minta pasangan mengontak Anda sekerap mungkin, serta dalam beberapa masalah, ada beberapa orang yang minta akses ke arah account sosial media pasangannya.

Ini karena Anda mempunyai ketakutan yang tidak logis akan kehilangan pasangan. Bila Anda rasakan pertanda itu, telah waktunya Anda menanyakan apa yang Anda alami ialah cinta atau obsesi.

3. Cinta membuat Anda berkembang, obsesi tidak

Dalam satu jalinan cinta yang sehat, Anda serta pasangan condong berkembang mengarah yang positif, baik dalam soal perubahan diri kita atau arah jalinan.

Ini tidak Anda dapatkan dalam perasaan obsesi. Vallerand memberikan tambahan jika obsesi yang tidak sehat membuat Anda tidak terbuka dengan perubahan hidup pasangan. Susah buat Anda untuk lihat jika pasangan semestinya mempunyai kehidupannya sendiri.

Pertanda lain yang butuh Anda lihat ialah bagaimana Anda serta pasangan tetap konsentrasi serta sama-sama memberi dukungan pekerjaan atau hoby semasing.

Jika Anda merasakan begitu tergantung dengan pasangan hingga pekerjaan atau hoby Anda terusik, atau sebaliknya Anda batasi pekerjaan pasangan di luar jalinan pacaran, bisa saja rasa cinta Anda sudah menjadi obsesi.

4. Cinta mengutamakan keperluan berdua, obsesi cuma lihat kebutuhan pribadi

Saat Anda terobsesi, Anda mungkin tidak sadar jika semuanya yang Anda kerjakan untuk pasangan serta jalinan ini hanya untuk memberi kepuasan kemauan serta ego Anda semata-mata.

Dalam obsesi, Anda condong lupakan segi penting jika cinta semestinya dilandaskan oleh rasa sama-sama mengerti serta menghormati kedua pihak.

Bila Anda merasakan jika Anda kurang mengerti apa yang sebenarnya pasangan Anda perlukan, waktunya Anda menilai apa perasaan yang Anda punya ialah cinta sejati atau obsesi semata.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *