8 Langkah Agar Terhindar Dari Kepikunan

Sulit mengingat suatu hal atau pikun, erat hubungannya dengan bertambahnya umur. Kadang, mungkin Anda bisa lupakan nama satu orang, lalu ingatlah kembali di masa datang. Atau, Anda lupa menyimpan benda yang biasa dipakai seperti kacamata. Bila Anda sering merasakannya, baca penjelasan langkah tingkatkan ingatan berikut ini.

Salah satunya panduan ampuh jadi langkah tingkatkan ingatan dengan jalani gaya hidup sehat. Tersebut beberapa rutinitas yang baik untuk dikerjakan supaya ingatan dapat terbangun. Salah satunya:

1. Lihat konsumsi gizi Anda

Otak pasti butuh konsumsi makanan yang baik supaya kekuatannya masih terbangun. Makanlah makanan seperti sayuran hijau, ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3, teh hijau, serta kacang-kacangan, serta makanan yang memiliki kandungan vitamin untuk otak supaya peranan otak lebih terbangun. Diluar itu, kurangi atau batasilah minuman mengandung alkohol. Riset tunjukkan jika rutinitas konsumsi minuman mengandung alkohol dalam jumlahnya terlalu berlebih bisa berefek jelek pada peranan kognitif (proses berpikir) serta ingatan.

2. Luangkan olahraga

Olahraga yang teratur dipandang jadi langkah jaga ingatan yang efisien. Olahraga teratur bisa membuat lancar perputaran darah di badan, tingkatkan supply darah ke otak, menggerakkan perubahan sel saraf baru, kurangi resistensi insulin, kurangi peradangan, dan merangsang pelepasan zat biokimiawi yang punya pengaruh pada kesehatan otak. Paling tidak Anda dianjurkan untuk lakukan olahraga, seperti berjalan kaki, sepanjang 45 menit sekitar 3x satu minggu.

3. Olah otak

Otak butuh dilatih supaya kekuatannya masih terbangun. Pepatah menjelaskan, jika “semakin diasah, pisau akan makin tajam”. Ini berlaku untuk otak. Cara-cara lakukan senam otak dengan isi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, mengetes daya ingat dengan mengingat gambar, belajar mainkan alat musik, serta permainan taktik yang lain.

4. Mengatur kegiatan Anda

Seringkali sekali satu orang lupa akan barang yang dia simpan sebab ditempatkan di sembarangan tempat. Ingat berapakah kali Anda harus beli pensil, pulpen, atau beberapa alat catat lain sebab Anda asal-asalan meletakkannya. Karena itu, coba membereskan hidup dari mulai beberapa hal remeh, seperti menyimpan barang di tempatnya, menulis jadwal harian, serta buang beberapa barang yang tidak terpakai. Ini akan membuat otak Anda lebih konsentrasi hingga ingatan masih terbangun.
Optimalkan penggunaan gadget, kalender, serta alarm, untuk menolong mengingat kegiatan rutin seharian. Supaya kegiatan semakin terbantu, susunlah agenda seharian supaya masih sama hingga otak gampang mengingatnya.

5. Cukup istirahat

Tidur bertindak penting dalam jaga konsentrasi serta potensi mengingat. Waktu tidur, daya ingat satu orang akan membuat kembali info dari beberapa hal yang terjadi. Cukup istirahat akan membuat badan bugar, terlepas dari depresi. Umumnya, orang dewasa memerlukan seputar 7-9 jam untuk tidur. Diluar itu, tidur yang berkualitas serta cukup menolong ingatan untuk pelajari suatu hal yang baru, lho.

6. Aktif bersosialisasi

Jangan putuskan jalinan bersilahturahmi dengan beberapa orang di seputar Anda. Bercengkrama dengan rekan, teman dekat, serta beberapa orang terkasih salah satu langkah tingkatkan ingatan yang efisien. Bergabung dengan mereka, sangat mungkin Anda terlepas dari depresi serta stres. Ke-2 keadaan itu benar-benar erat hubungannya dengan pemicu berkurangnya ingatan.

7. Mengatur diri kita

Bila Anda menanggung derita stres atau penyakit akut yang lain, contohnya masalah ginjal serta tiroid, karena itu ikuti pendapat serta langkah penyembuhan dari dokter. Bila dapat, tetaplah mengatur kepentingan diri kita. Langkah berikut akan membuat otak Anda masih kerja untuk mengingat beberapa hal yang Anda perlukan.

8. Pakai obat secara benar sesuai dengan panduan dokter

Mintalah panduan yang pasti tentang obat-obatan yang Anda mengonsumsi. Ingat, beberapa penggunaan obat dapat berefek pada ingatan otak Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *