7 Langkah Meredam Amarah dan Menenangkan Pikiran

Amarah dapat ada saat kita terganggu dengan banyak hal. Amarah dapat tertuju pada satu orang, diri kita, insiden atau situasi yang tidak menyenangkan, atau pada lingkungan kerja atau keluarga di dalam rumah. Pada masalah tersendiri, timbulnya amarah ini dapat berlangsung waktu satu orang alami tantrum.

Rasa geram yang terpendam bisa jadi penyebab kekhawatiran atau stres. Kemarahan periode panjang dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, masalah jantung, sakit kepala, dan permasalahan paru-paru serta pencernaan, sampai lemahnya skema kebal badan.

Walau penting tidak untuk memendam rasa geram, namun dalam mengekspresikannya harus secara pas. Ledakan kemarahan yang terlalu berlebih sering tidak efisien, serta menyebabkan persoalan kelanjutan. Karenanya penting untuk tahu langkah menentramkan pemikiran

1. Menahan semenjak awal

Manajemen depresi adalah hal yang penting jadi langkah menentramkan pemikiran. Perhatikan lebih jeli kapan Anda rasakan pergantian situasi perasaan serta emosi. Beberapa orang tidak sadar jika depresi serta amarah membuat satu orang susah memperoleh tidur yang berkualitas. Mengakibatkan, Anda akan merasakan lemas terus-terusan. Oleh karenanya, beri waktu untuk menentramkan diri beberapa waktu tiap hari. Ini bukan sekedar bisa jaga emosi Anda, tetapi dapat sehatkan badan.

2. Mengubah perhatian

Waktu rasakan kemelut emosional serta peluang untuk geram, karena itu gantilah konsentrasi perhatian Anda pada fisik Anda. Duduklah dalam tempat yang sunyi serta tanpa ada masalah. Selanjutnya, coba tarik napas dalam-dalam. Ulangilah beberapa kata yang bisa menentramkan pemikiran, seperti “rileks” atau “tenang”. Lalu sebisa mungkin coba hentikan pertimbangan yang membuat Anda geram serta alihkan sumber emosi dengan beberapa hal yang bisa membuat Anda tenang.

3. Ketahui sumber amarah

Untuk dapat menentramkan pemikiran dengan efisien, Anda butuh tahu apa sumber amarah Anda. Ketahui pemicu permasalahan, dengan siapa Anda geram, serta apa langkah seterusnya yang dapat Anda kerjakan untuk menurunkan amarah. Bila beberapa hal itu telah Anda tahu, jadi lebih gampang untuk menentramkan pemikiran.

4. Waspada dalam bicara saat geram

Bila keadaan tidak sangat mungkin untuk keluar dari ruang serta Anda terjebak pada keadaan yang membuat Anda geram, coba pikirkan selanjutnya sebelum Anda menjelaskan suatu hal. Saat geram, kemungkinan besar untuk menjelaskan beberapa hal yang negatif. Jangan membuat ketetapan atau pendapat waktu ada dibawah dampak amarah. Sampaikan perasaan Anda saat telah merasakan tenang.

5. Menghindarkan mempersalahkan orang lain

Cenderung mempersalahkan atau mengkritik orang lain waktu geram, kemungkinannya tinggi sekali. Keadaan itu malah bisa memancing kemelut yang semakin besar. Untuk menghindarinya, coba menjelaskan beberapa hal yang lebih detil, tentang apa yang Anda alami serta bagaimana Anda memandang itu jadi hal yang tidak benar. Ingat, sebutkan perasaan Anda dengan bermartabat serta hormat.

6. Hirup udara fresh

Anda dapat coba keluarkan amarah dengan beraktivitas fisik seperti olahraga, berjalan enjoy, atau dengarkan musik. Bila amarah tidak tertahankan, selekasnya keluar dari ruang. Hirup udara fresh di luar dapat jadikan langkah untuk menentramkan pemikiran. Gunakan peristiwa itu untuk menjernihkan pemikiran dari beberapa hal yang membuat Anda geram. Pergantian situasi serta hirup udara fresh bisa membuat Anda lebih santai hingga dapat jadi langkah menentramkan pemikiran.

7. Cari jalan keluar

Coba cari jalan keluar adalah salah satunya langkah positif untuk konsentrasi serta lupakan kemarahan. Contohnya, cari jalan tengah untuk permasalahan yang terus terulang lagi sebab semasing merasakan benar, hingga didapat win-win solution serta seluruh pihak merasakan suka. Peringatkan diri Anda, jika amarah tidak dapat mengakhiri persoalan serta cuma membuat jadi lebih jelek.

Penting untuk menghindarkan luapan amarah yang terlalu berlebih. Kerjakan langkah menentramkan pemikiran di atas yang sesuai dengan keadaan semasing. Bila rasa geram berlarut-larut serta susah dikendalikan, karena itu Anda mungkin butuh konsultasi dengan psikolog untuk memperoleh langkah menentramkan pemikiran yang lebih baik.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *