5 Bagian Motor yang Perlu Diperhatikan Apabila Sering Terjemur Panas

Menjaga sepeda motor adalah hal harus buat pemilik kendaraan supaya keadaan kendaraan tetap dalam kondisi sempurna. Sekarang cuaca panas menempa beberapa negara di dunia, tidak kecuali Indonesia.

Karenanya pemilik kendaraan harus memerhatikan bagian-bagian motor supaya masih kerja optimal. Berikut 5 sisi yang butuh dikasih perhatian tambahan waktu motor seringkali terkena cuaca panas.

1. Tekanan Ban

Suhu panas bisa mengakibatkan tekanan angin dalam ban beralih-alih hingga kenyamanan dalam berkendara jadi menyusut.

Diluar itu bisa menyebabkan tekanan ban beralih-alih setiap waktu. Ini bisa ditangani dengan lakukan penelusuran keadaan tekanan ban sekerap mungkin atau paling tidak sebelum berkendara. Diluar itu, cocokkan tekanan ban dengan standar yang dipastikan oleh pabrikan.

2. Ban

Beri perhatian lebih pada keadaan ban. Ban motor yang terserang suhu panas terus-terusan bisa percepat penurunan kualitas, seperti struktur pecah-pecah atau getas.

Ini bisa ditangani dengan lakukan pergantian ban dengan yang baru jika struktur telah kelihatan retakan untuk memperoleh kenyaman waktu berkendara.

3. Rantai Motor

Udara panas yang menusuk dapat mengakibatkan pelumas pada rantai jadi kering lebih cepat, hingga kerja rantai tidak halus.

Ini bisa dijauhi dengan lakukan kontrol serta perawatan periodik, seperti melumasi rantai dengan Chain Lub yang direkomendarikan, dan mengatur kekenduran rantai yang tercantum pada stiker swing arm motor.

4. Bearing Roda

Waktu keadaan panas berkelanjutan, pemilik kendaraan butuh mengecek keadaan bearing roda atau yang seringkali disebutkan dengan klaher.

Tidak hanya seringkali melalui jalanan yang rusak, suhu panas dapat menyebabkan pelumas bearing serta seal mengeras karena memuainya ke-2 elemen itu.

Beberapa ciri hal itu yaitu, roda depan tidak berputar-putar dengan halus serta terdengar bunyi. Salah satunya jalan keluarnya ialah mengubah seal pada bearing jika telah kelihatan getas, dan meningkatkan pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor.

5. Body

Motor seringkali terkena cahaya matahari dalam terus-terusan bisa mengakibatkan penurunan kualitas warna body motor. Untuk jaga body motor, cuci kendaraan dengan teratur dengan memakai sabun spesial kendaraan bermotor.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *