5 Aspek Penting yang Menentukan Desain Interior Rumah Anda

5-Aspek-Penting-yang-Menentukan-Desain-Interior-Rumah-Anda

Rumah merupakan hunian yang menjadi tempat menghilangkan penat dari aktivitas rutin di kantor atau kampus. Desain interior rumah yang menakjubkan bisa memberikan kenyamanan pada penghuni. Selain itu, desain menawan sanggup memberikan nilai estetika yang cukup tinggi. Tak heran kalau banyak orang rela menghabiskan uang untuk menciptakan desain ruangan di rumah yang sesuai selera.

Kalau Anda tertarik menciptakan desain interior yang menarik, sebaiknya pertimbangkan beberapa aspek penting yang mendukung hal tersebut. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Pilihan warna

Poin pertama yang bisa memberikan sentuhan keseimbangan pada desain interior rumah Anda adalah pilihan warna sebuah ruangan. Anda bisa menetapkan warna yang tepat sesuai dengan tujuan ruang dan sesuai tema.

Meskipun pilihan warna tergantung pada selera sang pemilik rumah pun, Anda harus memilih warna yang sesuai dengan konsep hunian. Misalnya hunian berkonsep minimalis dengan ruang-ruang sempit, sebaiknya pilih warna cat dinding ruangan berwarna netral atau putih untuk kesan lega.

2. Tujuan penggunaan ruangan

Tujuan sebuah ruangan tentu memberikan pilihan desain yang berbeda sesuai kegunaannya. Misalnya Anda hendak menggunakan ruang sebagai dapur, pilih warna yang netral untuk ukuran dapur sempit. Desain interior dapur jelas berbeda dengan desain ruangan lain seperti ruang tidur, ruang tamu atau ruang keluarga.

3. Furnitur ruangan

Furnitur dalam sebuah ruangan sangat penting agar selaras membangun desain interior sesuai keinginan. Sebaiknya pilih perabotan yang mampu menyeimbangkan ruangan sesuai dengan detail dinding, lantai atau plafon rumah Anda.

Jangan lupa mempertimbangkan pilihan furnitur yang sesuai dengan kondisi ruangan. Misalnya ruangan Anda dalam ukuran terbatas, jangan memaksa pilihan furnitur yang terlalu besar.

Penggunaan furnitur bekas pakai tentu tidak masalah selama selaras dengan fungsi ruangan Anda. Jika rumah Anda minimalis, sebaiknya gunakan furnitur yang multifungsi atau memiliki kegunaan ganda. Misalnya Anda menggunakan furnitur sofa lipat sebagai tempat duduk di ruang keluarga yang bisa beralih fungsi menjadi kasur nyaman.

4. Pilihan pencahayaan yang tepat

Aspek penting lain dalam menentukan desain interior rumah adalah pencahayaan yang tepat. Pencahayaan mampu meningkatkan kesan estetika yang seimbang dengan furniture dan tekstur ruangan. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa desain interior profesional untuk memilih pencahayaan yang sesuai ruangan. Misalnya penggunaan pencahayaan ambien yang mampu meningkatkan dan mencerahkan ruangan dan beranda.

5. Biaya

Ingin menciptakan desain interior rumah yang mewah? Anda jelas harus mengeluarkan biaya lebih mahal dibandingkan desain interior rumah yang minimalis. Penggunaan perabotan mewah atau klasik bisa menambah daftar pengeluaran Anda.

Pembiayaan adalah aspek paling penting dalam menentukan desain interior yang tepat. Sebelum Anda memulai proyek renovasi atau desain interior sesuai keinginan, sebaiknya buat poin-poin pembiayaan yang mencakup furnitur, soft furnishing dan lain-lain.

Selain aspek penting di atas, Anda juga harus memperhatikan bahwa desain interior wajib memperhatikan rancangan arsitek rumah Anda. Arsitektur berpengalaman siap membantu Anda menciptakan desain interior yang sesuai dengan konstruksi rumah Anda. Misalnya Anda ingin menempatkan lukisan atau karya seni lain, aspek tinggi rumah sangat berpengaruh. Begitu pula dengan poin-poin penting dalam menciptakan desain interior yang lain.

Jika Anda masih awam atau tidak memiliki basic pengetahuan di bidang ini, percayakan saja segala hal yang berkaitan dengan desain rumah pada kontraktor interior design yang profesional. Jasa desain interior yang memiliki kredibilitas tinggi siap menjadikan ruangan rumah Anda sesuai dengan keinginan. Kenyamanan dan keseimbangan rumah akan Anda dapatkan guna menunjang produktivitas harian lebih baik lagi.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *